Cara Cek Daftar Bantuan Dana Sosial (Bansos) 2022

App.edulnmu.com – Kabar gembira untuk masyarakat, di bulan April ini Pemerintah menyalurkan Bantuan Dana Sosial (Bansos) berupa UMKM,PKH,BPNT, hingga BLT Minyak goreng yang langsung dirapel sekaligus.

Masing-masing bansos yang dipercepat penyalurannya yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp 600 ribu atau Rp 200 ribu/bulan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng senilai Rp 300 ribu atau Rp 100 ribu/bulan. Penyaluran ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia yang tersebar melalui cabang terdekat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan adalah untuk menunjang daya perekonomian masyarakat sebelum hari raya Lebaran.

Ada beberapa bantuan dana sosial yang proses penyalurannya secara bertahap selama 3 bulan ke depan. Seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berupa sembako atau kartu sembako murah akan cair di bulan April ini.

Bantuan dana sosial untuk yang belum bekerja berupa kartu prakerja gelombang 26 juga sudah dibuka sejak awal bulan April ini.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo telah mengumumkan akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng senilai Rp 300 ribu yang  akan mulai cair di bulan Bulan ini.

Pemerintah juga akan mendistribusikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja buruh di bulan April ini. Sebelumnya pemerintah juga telah memberikan BSU kepada karyawan yang terdampak pandemi Covid19.

Pekerja buruh yang memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta. Oleh sebab itu Pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar 8,8 triliun rupiah untuk program BSU, berdasarkan dari jumlah pekerja dan besaran yang diberikan.

Terdapat penerima manfaat Bantuan Dana Sosial PKH dan Sembako BPNT harus memenuhi persyaratan seperti terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun apabila belum terdaftar, Kamu dapat melakukan pendaftaran melalui DTKS secara mandiri dengan menggunakan Aplikasi Cek bansos Kemensos.

👉 TRENDING:  3 Cara Cek Saldo BRI Tanpa Harus ke ATM

Untuk cara daftar DTKS mandiri menggunakan aplikasi cek bansos bisa dilihat Disini.

Aplikasi Cek bansos tidak hanya dapat digunakan untuk mendaftar DTKS, namun bisa juga digunakan untuk mengecek daftar penerima manfaat bansos. Aplikasi Cek bansos bisa didownload melalui Google playstore (Android) atau melalui link download yang sudah kami sediakan.

Download Aplikasi Bansos

Info Seputar Bansos Lainnya :