Cara Daftar DTKS Online, Lewat Aplikasi Dapatkan BPNT Sembako 2022, PKH, hingga BLT

App.edulnmu.com – Pemerintah resmi telah mengumumkan penyalurkan bantuan dana sosial bagi masyarakat, mulai dari bantuan dana sosial PKH,BLT minyak goreng, bantuan pangan non tunai (BPNT) mulai bulan ini.

Pemerintah menentukan masyarakat yang berhak untuk menjadi Penerima Manfaat Bantuan Dana Sosial, menggunakan Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS) Kemensos.

Masyarakat yang belum terdaftar di DTKS Kementerian Sosial (Kemensos) bisa segera daftar untuk mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT 2022, Program Keluarga Harapan (PKH), hingga BLT minyak goreng.

Berikut ini cara daftar DTKS via online untuk dapatkan BPNT 2022, PKH, dan BLT minyak goreng, cukup mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Sebelum daftar DTKS online, Anda perlu menyiapkan KTP dan KK sebagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai penerima BPNT 2022, PKH, hingga BLT minyak goreng.

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP

  1. Download terlebih dahulu Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Google Play Store Disini
  2. Kemudian registrasi dan buat akun baru dengan klik “Buat Akun Baru”
  3. Isi data diri sesuai persyaratan yang dibutuhkan
  4. Kemudian Unggah foto KTP dan lakukan foto selfie bersama KTP Asli Anda
  5. Sebelum melanjutkan pastikan data yang kamu isi sudah benar
  6. Kemudian Klik “Buat Akun Baru”
  7. Setelah berhasil mendaftar, kemudian login dengan menggunakan akun yang baru kamu buat dan cari menu “Daftar usulan” di Aplikasi Cek Bansos.
  8. Isikan data yang diminta dengan benar
  9. Pilih Jenis bansos yang ingin kamu daftar PKH atau BPNT

Tunggu sampai Kemensos akan melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran yang sudah kamu input.

Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran DTKS 2022 secara online dapat mengecek secara berkala untuk mengetahui lolos atau tidaknya menjadi KPM DTKS Kemensos 2022.

Selain dengan menggunakan aplikasi, kamu juga bisa cek penerima bansos 2022 secara online dengan mengunjugi laman cekbansos.kemensos.go.id.

👉 TRENDING:  3 Cara Membuat Widget Html

DTKS adalah layanan sistem data yang mencakup pelaynan Kesejahteraan Sossial (PPKS),Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, dan juga Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Dengan begitu, maka Kemensos sampai Dinas Sosial di daerah dapat menggunakan DTKS untuk menentukan siapa saja yang berhak untuk menjadi KPM penerima Bantuan Dana Sosial (Bansos).

Info Seputar Bansos Lainnya :